Silahkan Cari ^^

Kamis, 05 September 2013

Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi

Perkembangan TIK

    Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi ini, kita semua jadi bisa mengakses informasi kapan saja dan dimana saja.

    Di Indonesia sekarang ini, yang notabene nya adalah negara berkembang, Teknologi Informasi dan Komunikasi masih belum begitu berkembang, karena fasilitas yang minim dan penyebaran Teknologi Informasi dan Komunikasi belum begitu merata. Tapi, dengan adanya internet, semua masyarakat jadi bisa mengakses informasi, terutama di kota-kota besar Indonesia, meskipun belum semaksimal mungkin.
  
     Informasi melalui media internet, bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Pembelajaran jadi lebih efektif. Tetapi, internet juga bisa menyebabkan dampak negatif bila kita menyalahgunakannya. Tapi karena kurang meratanya penyebaran Teknologi Informasi dan Komunikasi akan berpengaruh terhadap proses perkembangan pendidikan.Hal ini dikarenakan peran teknologi informasi di dunia pendidikan sangatlah penting. Dengan adanya teknologi informasi segala macam ilmu pengetahuan dan informasi dapat diterima dan didapatkan dengan mudah dan cepat. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan komunikasi merupakan sektor yang paling dominan.

    Selain Internet, ada juga bagian dari perkembangan TIK, salah satunya ANDROID, berikut penjelasannya ... :)

..Android..


    
     Android adalah sistem operasi mobile terbuka buatan Google. Sistem operasi Android ini telah digunakan di beberapa ponsel di Indonesia. Di Indonesia ,sistem operasi Android masih terbilang kurang familiar di kalangan kita, hal ini mungkin dikarenakan kurangnya dukungan informasi maupun ponsel yang mendukungnya.Definisi lain, dari artikel yang saya baca, Android Adalah Sistem Operasi yang dikembangkan untuk pengguna Ponsel (smartphone dan PDA) serta Tablet yang berbasis dasar dari OS Linux, pada perkembanganya sejak tahun 2007 lalu OS Android berkembang sangat pesat di pasaran ponsel pintar di dunia, hal ini di sebabkan karena OS Android muncul dengan Lisensi terbuka berdasarkan Apache lisensi Dan GPL lisensi.
    
    Menurut artikel yang saya baca, Pada bulan September 2007 Google mulai mengajukan hak paten untuk aplikasi telepon selular, namun dalam tahun ini android masih dalam tahap pengembangan dan pencarian anggota pengembang Android. dan hingga pada pertengahan tahun 2008 sudah mulai banyak produsen yang bekerjasama dengan OS Android milik Google tersebut.Ponsel pertama yang memakai sistem Operasi Android adalah HTC Dream yang di rilis pada tanggal 22 Oktober 2008 dan pada awal tahun 2009 mulailah para pengembang ponsel menggunakan OS android ini dan di perkirakan setidaknya 18 ponsel bersistem OS Android rilis di awal tahun 2009.

   Selain sangat canggih, logo android ini juga lucu. Menurut artikel yang saya baca juga, Logo android Berasal dari Sebuah Game Arcade Di era tahun 90an yang berjudul Gauntlet : The Third Encounter Arcade , memang game ini tak begitu di kenal di eranya namun salah satu Tokoh robot abu-abu yang memiliki dua antena bernama android ini menjadi maskot yang sangat di kenal di seluruh dunia sebagai OS.



   Jadi, kesimpulannya engan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Akan tetapi semua itu tidak terlepas dari sisi negatifnya seperti yang telah dijelaskan diatas.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar